Diary PKKMB

 

PKKM FE dimulai dari tanggal 16 Agustus 2021 yaitu dengan dilaksanakannya  TMTP PKKMB FE di YouTube. Acarannya dimulai dari pukul 13.00 WIB. Di TMTP kita diberi tahu tentang tata tertib dan  tugas yang ada di PKKMB FE UNY. Tugas PKKMB FE , yaitu pembuatan CV, Creative Work, BMC, membuat blog catatan ekonom muda, upload twibbon, dan Pembuatan infografis berantai. Dan diakhir acara ada quiz untuk para maba. Setelah selesai TMTP malam harinya pun dibagi gugus fakultas dan dan pemandu, kita masuk di grup wa melalui link yang ada. Dan saya mendapat gugus CEO dengan pemandu Kak  Alsa dan Kak Cinta

Pada tanggal 17 Agustus 2021 malam di grup WA mulai  perkenalan-perkenalan dari pemandu dilanjut para maba melalui grup chat WA dan dilanjut saling melist akun Instagram masing- masing. Dan dilanjut dengan pemberitahuan tentang booklet dan juknis, jadwal kepemanduan yang kan dilaksanakan tanggal 18-20 Agustus ,dan pembagian kelompok untuk infografis. Di kelompok infografis saya mendapat kelompok 2 bersama dengan 9 orang teman lainnya. Ditanggal ini saya belum mengerjakan tugas yang ada dikarenakan saya masih menyelesaikan untuk tugas univ yang sedikit lagi selesai.

Tanggal 18 Agustus pagi dimulai dari Kak Alsa dan Kak Cinta memberi pengingat kepada maba yang ada di grup WA tentang penugasan dan informasi tambahan yang ada. Dan dihari Rabu ini ada kepanduan yang petama pukul 1230 WIB, link zoom pun suadah ada di grup WA. Dan kepemanduan dimulai, di kepemanduan ini lumayan banyak pembahasan yang ada. Dimulai dari perkenalan pemandu, yaitu Kak Alsa dan Kak Cinta dilanjut dari beberapa teman maba, hanya beberapa saja karena jika semua memperkenalkan diri waktu tidak cukup. Dan mulai pembahasan tentang apa itu PKKMB FE dan segala peraturan yang ada. Di kepemanduan ini juga Kak Cinta menceritakan PKKMB ditahun 2019 yang saat itu masih offline, yang kegiatan di GOR UNY selama 5 hari. Dan Kak Alsa yang melaksanakan PKKMB FE di tahun 2020 dimana tahun itu tahun pertama kali PKKMB secara online. Setelah itu pembahasan tentang juknis dan penugasan yang ada, Tanya jawab tentang tugas. Kepemanduan berakhir pukul 15.30 an. Dan di google classroom sudah terdapat presensi yang harus diisi para maba FE. Disini saya sudah presensi tetapi ternyata malam hari saya belum tercatat di gform nya. Saya mulai sedikit panik karena sorenya saya merasa sudah mengisi, tetapi saya berpikir mungkin karena saya mengisi gform di laptop sinyal yang terhubung jelek maka tidak masuk, oleh sebab itu saya mulai mengisi kembali presensi tersebut. dan sore menjelang malam saya mulai  mengerjakan tugas PKKMB FE dimulai mengedit twibbon dan mengupload twibbon di istagram dilanjut malam hari dengan CV menggunakan Canva.

Pada tanggal 19 Agustus pagi saya memulai dengan membuat blog untuk tugas CV yang diupload di blog dan untuk catatan ekonom muda. Disini saya hanya baru mengrjakan tugas CV dan visi misi FE UNY. Pada pagi ini juga kami kelompok 2 CEO membuat grup WA untuk mengkoordinasikan tentang tugas infografis. Dan pagi pukul 08.00 WIB saya sudah siap mengikuti kepemanduan tetapi ternyata kepemanduannya di undur menjadi sore, saya memanfaatkan waktu itu dengan mulai berpikir tentang apa yang akan saya buat untuk creative work. Dan saat itu saya teringat dengan sisa sisa buku tulis SMA yang masih banyak yang kosong dan saya berpikir untuk membuatnya menjadi isi binder karena menurut saya itu sangat bemanfaat untuk kedepannya. Saya mulai mencari sisa buku tulis tersebut dan mulai membuatnya dan juga didokumentasikan. Akhirnya tugas creative work saya selesai hari itu. Kepemanduan dimulai pukul 15.30 dikepemanduan ini membahas tentang pengecekan tugas yang ada dari mulai twibbon da lain-lain. Disini Kak Alsa dan Kak Cinta selalu mengingatkan kami para maba FE UNY tentang tugas tugasny, selalu menjawab pertanyaan dari kami. Kepemnduan berakhir pukul 17.15 an. Malam harinya saya mulai mengerjakn tugas BMC, disini saya menemukan beberapa kesulitan untuk menemukan bisnis yang akan saya buat. Akhirya saya putuskan membuat rumah makan khusu anak usia balita, saya memilih bisnis tersebut karena sekarang banyak rumah makan atau café bagi orang dewasa sedangkan untuk anak balita belum ada , dibisnis tersebut juga sangat bermanfaat untuk para orang tau yang sibuk dalam bekerja sehingga tidaak sempat memasak untuk anaknya. Saya disini baru membuat kerangga tugas di kertas.

Pada tanggal 20 Agustus saya mulai dengan membuat template BMC di word dan saya mencoba tanyakan ke Kak Alsa dan Kak Cinta tentang BMC tersebut, setelah itu saya kumpulkan di googleclassroom.dilanjut kepenmanduan pada pukul 15.30 disini membahas tentang presentasi bebrapa CV dari teman-teman dilanjut pembahsan ORMAWA dan UKMF yang ada di FE dan bayak keseruan didalamnya.dan hari ini juga diinformasikan tentang tugas catata ekomom muda bagian visimisi ternyata visi misi UNY. Malam harinya saya tidak mengerjakkan tugas PKKMB FE tetapi saya mengerjakn buku kipas tugas Universitas. Dan disini kelompok 2 gugus CEO mulai menentukan topik tentang apa yang akaan diangkat.

Pada tanggal 21 Agustus ini saya mulai mengerjakan tugas catatan ekomom muda dari creativeprreneur, FE UNY-ku sekarang , dan mulai  mengerjakan diary PKKMB dari hari hari sebelumnya . di hari ini sudah tidak ada kepemanduan tetapi Kak Alsa dan Kak Cinta masih terus mengingatkan dan membimbing kami melalui grup chat WA. Dan hari ini saya ada TMTP untuk prodi akuntansi.

Pada tanggal 22 Agustus saya mulai mengerjakan lagi tugas blog catatan ekonom uda yaitu diary PKKMB dan juga mengerjakan tugas kelompok infografis berantai,. Disini saya mendapat tugas mengisi point 3, yaitu cara mengatasi inflasi.

Pada tanggal 23 dan 24 Agustus saya dan teman teman kelompok 2 CEO masih mengerjakan tugas infografis berantai. Malam harinya  pun vidionya sudah selesai.

            Untuk ditanggal 25 saya sedang melaksanakan PKKMB UNY, sehingga saya tidak melaksanakan atau menyelesaikan tugas. Dikarenakan pada tanggal tersebut tugas yang belum selesai adalah catatan ekonom muda yang otomatis harus menunggu PKKMB FE terlebih dahulu. Dan di malam harinya pun saya menyiapkan DC dan segala perlengkapan yang akan digunakan.

            Pada tanggal 26 Agustus 2021 adalaha hari dimana PKKMB FE dilaksanakan. Saya mulai bangun pagi, dan mulai mandi mempersiapkan segala macam yang akan dibutuhkan. Dan Kak Alsa dan Kak Cinta selalu mengingatkan dan memberi tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Ternya pada absensi menggunakan foto diri satu badan dan memegang kertas berisi nama dan gugus. Kita bergabung di zoom pukul 07.00 WIB dengan di awali absen, absensi di acara ini ada 4 kali, 2 kali disesi pertama  diawal dan diakhir, dan sesi ke dua diawal dan diakhir juga. Di acara tersebut yang mengahadiri tidak hanya mahasiswa baru S1 atau D4, tetapi juga terdapat mahasiswa baru S2, para dosen dan civitas kapus UNY. Acara pertama yaitu pembukaan yang dibuka oleh MC kak Salsa, Kak Dika dan Kak Gista. Dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan hymne UNY dilanjut sambutan sambutan.

Di lanjut dengan adanya dua talkshow, yang pertama dari beliau Prof. Setyabudi Indarto. MM,. Ph.D. yang membawakan tema Pedoman Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan UNY dengan moderator Kak Cedar. Diwaktu itu sya mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan oleh Prof. Setyabudi. Dan ini yang saya catat : Di FE menggunakan sistem SKS. Dengan memberikan waktu tidak banyak di masa perkuliahan. Seperti 1 sks terdapat berbagai komponen. Di bangku  perkuliahan kita dipercaya untuk dapat mengelola diri sendiri sudah bukan seperti anak sekolah. Sebagai implementasi  dari  Membangun Indonesia Menata Dunia dengan modal softskill yang harus dikuasai dapat dengan cara mengembangkan kemampuan bahasa. Program pendidikan di UNY, yaitu merdeka belajar.  Pertama tama harus memahami niat atau orientasi mengapa kita berkuliah agar dapat mewujudkan tujuan yang dituju. Kompetisi didunia sangat luar biasa. Pengagguran meningkat saat pandemi seperti sekarang. Banyak jalan menjadi pengangguran. Dunia memprediksikan ada pekerjaan  yang hilang seperti office and administrative. Dan yang meningkat business dan financial operation. Harus dapat membuktikan kopetensi bukan hanya ijazah yang dimiliki namun keterampilan dan skill yang harus dimiliki. Belajar sekarang bukan untuk kebutuhan sekarang tapi untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Kita tidak boleh linear kalau bisa lompat kedepan . Perkembangan teknologi yang luar bias saat ini harus dapat dimanfaatkan.. Kalau kita mengajarkan hal hal yang ada sekarang sebenarnya kita merampok masa depan. Maka kita harus belajar apa yang aka nada dimasa deapan.  Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah memberikan kesempatan mahasiswa untuk beajar tidak hanya dikampus dan dengan fasilitas yang baik. Semisal ,S1 terdapat 80% di ambil di prodi masing masing dan 20% boleh belajar diprodi lain atau hal lain. Mahasiswa dapat belajar diluar kampus. Jangan hanya memgambil materi yang dibagi dosen tapi harus dapat mencari dari berbagai sumber.Pendidikan bukan komoditi tetapi upaya membangun integritas manusia dan kemanusiaan untuk masa depan yang lebih baik. Diperlukan kelompok kelompok belajar agar dapat berdiskusi.Jangan hanya lulus bersaing dengan kampus sekitar Jogja tetapi lebih luas dan apakah siap menghadapinya

Lngkah yang bisa dilakukan mahasiswa baru:

1. Niat atau orientasi yang kuat

2. Perencanaan: lulus berapa tahun, ipk harus ada perencanaan agar untuk pengontrol.

3. Peta jalan per semester

4. Rancang apa yang akan dipelajari diluar prodi

5.  Mempersiapkan Bahasa

Kegunaan siakad dan bagaimana memanfaatkan sistem informasi:

1.      Dari awal sampai akhir perkuliahan menggunakan system

2.      SKS di siakad sengan memilih lalu berkomunikasi dengan DPA untuk meminta izin. Kalau di semestee 3 keatas dalat memilih sendiri tetapi tetap konsultasi dengan DPA.

3.      Proses perkuliahan dengan Besmart, didalamnya terdapat tugas, waktu pengumpulan, tujuan, materi

4.      Praktik terdapat panduan praktik

5.      Skripsi juga terdapat sistemnya

Setelah mendengar talkshow tersebut saya menjadi lebih tahu, dan terbuka pemikiran saya tentang apa yang harus dilakukan oleh maba, system yang ada UNY.

            Dilanjut dengan talkshow yang ke 2 dengan guest star Kak Aulion yang dimoderatori Kak Salsabila dengan tema Creativepreneur. Materi yang disampaikan adalah : Melihat tentang kurangnya mahasiswa dalam mengeksplorasi dalam diri dan ketakutan yang dimiliki mahasiswa. Maka harus ditananmkan nilai creativepreneur.Creativepreneur terdiri dari creative dan preneur yaitu bisnis creative. Pentingnya menanamkan creativepreneur karena didunia internet sangat cepat dan kita harus peka terhadap sosial media. Denganadanya trend trend tersebut kita bisa membuat bisnis terhadap trend yang ada. Dan anak muda di zamam sekarang harus dapat memanfaatkan dengan baik. Hal yang perlu dipersiapakan untuk memulai menjadi content creator yaitu mental. Karena terdapat komen dari netizen yang terkadang negatif. Dan jika di hujat kita harus dapat membuktikan dan jadikan bahan evaluasi diri. Anak muda juga harus menguasai basic fotografi, edit foto, vidio grafi, dan edit vidio. Karena sekarang sudah audio visual.

Penting sekali mahasiswa dalam mengembangkan softkills dan hardskills mereka. Karena di zaman sekarang demgan perkembangan teknologi sudah banyak content creator di Indonesia. Oleh karena itu kita harus membuat sesuatu  yang unik/ ciri khas tersendiri di contentnya. Dan terus dilatih softkills dan hardskills karena mahasiswa dituntut untuk dapat menghadapi dunia kedepan

 

Tips and trik dalam menghadapi didunia industri kreatif:

1.      Perdalam kemampuan basic foto dan vidio

2.      Belajar sesuatu yang lain ataubaru, karena dapat membuat konten yang baru dan menarik

3.      Membuat keunikan dari konten. Dapat dengan membuat list dari yang kita suka. Lalu dapat di mix and match dari konten kita

 

Untuk memunculkan ide :

1.      Dapat dari obrolan atau pengalaman dengan teman

2.      Dari sesuatu yang kita tonton

3.      Dari bangun dan tidur bisa dapat dibuat konten

Cara menumbuhkan percaya diri dalam mengembangkan softkills:

1.      Dobrak rasa malu

2.      Silatih dan diulang ulang terus

3.      Dicoba

Motivasi dalam diri : kita sudah dimanjakan dengan teknologi, oleh karena itu tidak ada alasan untuk tidak bisa mengedit vidio. Menginspirasi satu orang lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Dari talkshow tersebut saya dapat mengambil ilmu seperti jangan takut untuk mencoba, kita sebagai generasi muda harus peka terhadap teknologi yang semakin berkembang dan juga harus berpikir kreatif agar dapat memanfaatkan teknologi dengan bisnis.

Acara selanjutnya yaaitu isoma, saya memanfaatkan waktu tersebut untuk istirahat, makan, sholat, dan mengerjakkan resume. Karena acara sesi kedua pukul 13.00 siang suasananya  pun sangat cocok untuk tidur, namum mengingat acara yang berlangsung dapat membawa manfaat dan juga sangat seru maka saya mengikutinya dengan senang hati. Acara yang pertama, yaitu berkeliling FE dengan virtual, sesi ini sangat bermanfaat untuk kami para maba karena banyak dari kami yang belum pernah ke UNY atau bahkan kee FE, kami juga menjadi tahu tentang fasilitas dan bagaimana bentuk FE.  Dan saya termasuk mahasiswa Jogja tetapi saya hanya beberapa kali ke UNY  dan belum pernah masuk ke FE. Dilanjut dengan display kominitas dan ormawa ukmf di FE UKM F dan ormawanya ada Inspire, AL-Fatih,, Kristal, HIMA dari, akuntansi,menejemen,PADP,fiploma,Pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, DPM, BEM. Hal ini sangat bermanfaat untuk dapat menyalurkanbakat dan minat kami.  Di lanjut dengan acara awarding untuk penugasan peenugasan, yang menjadi pemenang pun memiliki karya yang sangat luar biasa. Dan acara terakhir sebelum penutupan adalah penampilan komunitas musik FE UNY, disini kami mengikuti alunan merdu dari vband tersebut sehingga dapat menyegarkan pikiran yang dari tadi menatap layar laptop. Dan yang terakhir penutup.  Dan di malam harinya terdapat kepemanduan terakhir bersama Kak Cinta dan Kak Alsa. Acara PKKMB FE pun selesai, melalui PKKMB FE tersebut banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi kami maba FE UNY. Dari awal mula kita TM sampai kepemanduan dan bertemu pemandu Kak Alsa dan Kak Cinta yang sangat membantu kami, yang rela kami ganggu waktunya untuk menjawab  berbagai pertanyaan dari kami anak gugus CEO, terima kasih kak dan maff jika kami banyak salah. Dan dengan penugasan penugasan yang sangat melatih dalam hal berpikir kritis, memenejemen waktu agar dapat mengerjakkan dengan tepat waktu, kerja sama dan masih banyak lagi, dan dengan PKKMB kami jadi mengetahui tentang dosen dosen, system akademik non akademik, ormawa dan ukm. Untuk selanjutnya semoga PKKMB FE UNY 2022 lebih baik lagi dan kalua bis sudah Offline… aamiin.

Terima kasih untuk semua, dari mulai  kakak kakak panitia yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya untuk mempersiapkan acara PKKMB FE yang  dilaksanakan online ini ssehingga pasti tidak mudah untuk mengkoordinasikannya, tetapi hasilnya sudah sangat baik. Untuk kakak pemandu terkhusus gugus CEO Kak Cinta dan Kak Alsa terima kasih banyak  atas bebrapa hari ini yang merelakan waktun dan tenaga untuk mendampingi kami  gugus CEO, maaf jika kami banyak salah, tidak sopan atau tingkah laku yang salah. Dan terima kasih untuk teman teman yang sudah berproses bersama untuk PKKMB FE UNY ini. Terima kasih semua dan sukses selalu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesan pesan PKKMB FE UNY 2021

FE UNY-ku sekarang